14 December 2017
Home / Programming / Java / Menuliskan Kode-Kode Pemrograman Java

Menuliskan Kode-Kode Pemrograman Java

Pemrograman Java

Untuk belajar bahasa pemrograman Java, tentunya harus secara langsung melihat contohnya. Dengan cara demikian, tentunya bisa memberikan gambaran secara nyata mengenai subjek yang akan dipelajari. Dengan begitu proses belajar akan lebih cepat diserap dan dipahami. Maka dari itu, pada tutorial kali ini, tujuannya adalah untuk membuat sebuah program yang sederhana untuk menampilkan kata “HelloWorld” console yang menggunakan bantuan software Netbean IDE. Untuk aplikasi dari software ini tentunya bisa didownload dan kemudian diinstal pada perangkat anda. Dan juga untuk tutorial pengunduhan serta penginstalannya sudah dijelaskan pada tutorial sebelumnya.

Selanjutnya, bila anda sudah mengetahui proses untuk unduhan dan instalasi dari program Netbeans IDE ini, kini akan diberikan tutorial mengenai cara untuk menuliskan kode bahasa pemrograman Java bagi pemula. Sedangkan langkah-langkahnya untuk membuat program “HelloWorld” console software yang digunakan adalah Netbeans IDE 8.0.2 dengan OS Window. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Anda buka aplikasi Netbeans IDE yang telah anda instal sebelumnya. Untuk membukanya lakukan dengan cara klik Stari>All Program>Netbeans>Netbeans 8.0.2. Kemudian akan tampil antarmuka program tersebut,
  2. Anda tunggu hingga proses loading selesai.
  3. Selanjutnya anda klik File kemudian New Project, dan pada bagian Categories anda pilih Java dan di bagian Project anda pilih Java Application dan klik Next.
  4. Setelah proses di atas anda lakukan maka akan tampil sebuah tampilan antarmukanya.

Pada bagian project name, merupakan nama project yang dibuat. Kemudian anda bisa mengisinya dengan nama yang sesuai dengan keinginan anda. Untuk penamaan disarankan tidak menggunakan spasi, melainkan untuk pengganti spasi digunakan underscore (_) yang fungsinya untuk memisahkan antar kata di kolom project name. Lalu di bagian project location, merupakan lokasi dari penyimpanan project yang akan disimpan. Untuk merubahnya, anda bisa klik tombol Browse di sebelah kanan project location. Selanjutnya untuk create main class merupakan default atau standar bawaan untuk pertama kalinya anda membuat project. Disarankan pada bagian ini dihilangkan tanda ceklis-nya kemudian klik Finish.

 

asdanks.id

Check Also

java scanner

Memudahkan Input Keyboard dengan Java Scanner

Java Scanner Sebelum membahas mengenai java scanner, kita akan buat dahulu sebuah variabel dengan angka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *