23 November 2017
Home / Programming / Java / Memudahkan Input Keyboard dengan Java Scanner
java scanner
JournalDev Copyright

Memudahkan Input Keyboard dengan Java Scanner

Java Scanner

Sebelum membahas mengenai java scanner, kita akan buat dahulu sebuah variabel dengan angka yang disebut data integer. Lalu dari variabel tersebut diisi dengan angka 4. Kemudian variabel itu ditampilkan dan di run, maka contohnya sebagai berikut,

int angka = 4

System.out.printlin(angka);

Dari contoh di atas adalah salah satu contoh coding yang disebut dengan coding statis. Dari isi variabel yang telah diisi terlebih dahulu sebelum di run coding. Dan masalah yang terjadi bila anda tidak menginginkan memberikan inputan saat coding di run. Dan ketika menggunakan coding statis tidak bisa. Dengan coding dinamis, saat di run maka akan menerima inputan angka dan kata. Dan untuk membuat coding dinamis ini berikut adalah cara-caranya.

Pertama-tama ada beberapa cara untuk meminta inputan dari java. Salah satunya dengan menggunakan pustaka java yaitu kelas scaneer. Kelas scaner ini tidak hanya mampu untuk menangani permasalahan inputan saja tetapi juga membaca file. Untuk menggunakannya, sangat mudah sekali. Anda cukup mengimport java.until.scaner. Dimana penempatan kodenya berada di luar kelas, yaitu

import java.until.Scaner.

Kemudian anda bisa langsung untuk membuat instance seperti berikut,

Scanner input = new scanner(System.in);

Anda membuatnya harus sama persis dengan code di atas kecuali pada kata input bisa anda ganti sesuai keinginan anda. Untuk diperhatikan, saat anda meletakkan kode di atas bukan hanya di dalam main saja. Anda bisa meletakkannya pada bagian global dengan menambahkan kata static di depannya. Lalu anda bisa menggunakan di dalam method bisa fungsi atau prosedur.

Contohnya adalah sebagai berikut.

static Scanner input = new Scanner(System.in);

Bila diletakkan di method maka contohnya adalah,

static public void scannerVoid(){

Scanner input = new Scanner(System.in);

System.out.prinln(“kata”);

String kata = input.next();

System.out.println(kata);

}

Kesimpulan

Dari variabel yang sudah diisi dengan input nama instance yang dibuat tadi, yaitu .nextInt() bila tipe datanya adalah integer.Yang perlu diperhatikan adalah bagian .next() dan .nextLine(). Dimana fungsinya digunakan bila tipe datanya string, namun ada perbedaannya yaitu bila menggunakan .next() hanya bisa menerima satu kata saja, bila lebih dari satu yang dipisahkan dengan tanda spasi maka dianggap seperti tanda Enter. Dimana kata pertama masuk di variabel pertama namun kata setelah tanda spasi masuk ke variabel selanjutya. Sedang bila menggunakan .nextLibe() tanda spasi tidak dianggap sebagai enter yang artinya bisa memasukkan nilai lebih dari satu kata.

 

Baca juga Belajar coding java

Check Also

aplikasi perpustakaan dengan java

Belajar Coding yang Asik untuk Pemula

Belajar Coding yang asik untuk Pemula Seorang programmer tentunya belajar coding bukan suatu hal yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *