23 November 2017
Home / Programming / Java / Membuat Fibonacci di Program Java
Fibonacci Leonardo Pisa
Fibonacci Leonardo Pisa

Membuat Fibonacci di Program Java

Membuat Fibonacci di Program Java

Pernah mendengar fibonacci? Bila belum, artikel berikut akan membahas istilah tersebut. Fibonacci merupakan sebuah bilangan yang berderet dimana angka urutan yang ketiga adalah hasil penjumlahan 2 urutan sebelumnya. Dan di angka selanjutnya prinsipnya sama. Lalu untuk membuat fibonacci di program Java bagaimana caranya?

Pada setiap programmer memiliki logika yang berbeda-beda. Dari logika yang beda itu akan menghasilkan bentuk coding dan tidak akan sama antara coding satu dengan lainnya. Bisa diibaratkan jika anda ingin bepergian ke Solo dari Jakarta, ada banyak cara yang bisa dilalui, anda bisa naik kereta, bus, atau bahkan pesawat terbang. Dari analogi tersebut, maka untuk membuat fibonacci ini versinya pun banyak juga seperti misalnya ada yang menggunakan rekursif dan cara-cara lainnya. Untuk artikel ini, tidak akan dibahas mengenai rekursif. Pada pembahasan kali ini fokusnya adalah membuat coding fibonacci. Ketika anda membuat fungsi untuk mencari dan mendapatkan angka fibonacci, maka fungsi tersebut bisa diberi nama dengan Fibo yang memiliki parameter sebagai berikut. Adapun tujuan dari fungsi yang disampaikan yaitu untuk mendapatkan hasil dari penjumlahan dua angka sebelumnya seperti pada pengertian fibonacci tadi. Selanjutnya yaitu dengan membuat prosedur yang gunanya melakukan generalisasi atau menampilkan angka fibonacci yang memiliki batas tertentu. Anda bisa juga untuk menggunakan prosedur ini dan langsung dibuat di main-nya jika suatu saat akan digunakan kembali.

Nah untuk menghindari di atas maka anda bisa menggunakan prosedur. Untuk membuat coding prosedur diberik nama generateFibo yang memiliki satu parameter. Anda buat 3 buah variabel yang gunanya untuk menyimpan angka pertama, kedua, dan menampung angka selanjutnya. Kemudian bisa ditampilkan isi dari angka pertama dan kedua, baru dibuat looping for yang memiliki batas angka dari parameternya kurang dari dua. Mengapa harus kurang? Tentu hal ini berkaitan dengan yang sudah ditampilkan 2 angka pertamanya. Lalu di dalam looping maka disebut dengan fungsi dapatFibo yang ditampung di variabel tampung. Dari variabel tampung ini diganti isi dari variabel 1 dan 2 supaya nilai untuk penjumlahannya bisa diperbarui.

 

Baca juga Java Scanner

Check Also

aplikasi perpustakaan dengan java

Belajar Coding yang Asik untuk Pemula

Belajar Coding yang asik untuk Pemula Seorang programmer tentunya belajar coding bukan suatu hal yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *